Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

8 Nama Kampus Di Makassar, Unggul Dan Terkemuka Di Makassar

Ikatancendikia.com | Nama Kampus Di Makassar | Makassar adalah kota terbesar di Indonesia bagian timur dan merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. 

 Kota ini memiliki lokasi yang strategis di kepulauan Indonesia dan berfungsi sebagai hub udara yang sibuk, menghubungkan Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan di barat dengan Sulawesi, Maluku, dan Papua di timur. 

Kota Makassar memiliki pelabuhan strategis di pesisir barat daya Pulau Sulawesi. Pelabuhan ini sangat penting untuk perdagangan nasional dan internasional. 

 Makassar juga terkenal dengan kuliner khasnya, seperti coto Makassar, konro (sup tulang iga), pallubasa (sup berbahan dasar beras), dan ikan bakar. 

Nama Kampus Di Makassar 

Nama Kampus Di Makassar


1. Universitas Hasanuddin (Unhas) 

 Unhas atau Universitas Hasanuddin adalah kampus negeri terkenal yang ada di kota Makassar provinsi Sulawesi Selatan. Kampus ini berdiri tanggal 10 September 1956. 

 Awalnya, perguruan tinggi ini merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia saat Bung Hatta masih menjabat sebagai wakil presiden. Pada awalnya, Unhas berlokasi di Baraya.

 Namun, pada awal 1980-an, kampus Unhas dipindahkan ke Tamalanrea. Sejak akhir 2006, Unhas menambah satu fakultas baru, yaitu Fakultas Kehutanan, yang merupakan pemekaran dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan. 

 Hingga kini, Unhas sudah mempunyai 16 fakultas yang secara garis besarnya terbagi ke dalam 4 bidang keilmuan, yaitu ilmu pertanian, kesehatan, social humaniora, dan sains teknologi. 

2. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar 

Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, yang dikenal sebagai kampus hijau, kini menempati peringkat ke-137 dalam daftar Perguruan Tinggi Terbaik yang dirilis oleh Kemenristekdikti.

 Jika dilihat dari peringkat perguruan tinggi Islam negeri, UIN Alauddin adalah yang terbaik di Indonesia Timur. Dalam beberapa tahun terakhir, UIN Alauddin semakin diminati oleh calon mahasiswa baru. 

 Tercatat pada tahun 2016, universitas ini menjadi pilihan teratas bagi peserta Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). 

3. Universitas Negeri Makassar (UNM) 

 Saat berdiri pertama kalinya, kampus UNM menggunakan nama IKIP Ujung Pandang dengan peran LPTK atau Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. 

Setelah lebih dari 30 tahun menyelenggarakan pendidikan tinggi, IKIP Ujung Pandang berubah status menjadi universitas dengan nama Universitas Negeri Makassar (UNM) berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia Nomor 93 tahun 1999, yang terbit pada 4 Agustus 1999. 

 Kampus UNM saat ini menyediakan 62 program studi mulai dari program Diploma hingga Sarjana. Tersedia juga 26 program studi pascasarjana, yaitu magister dan doctor. 

4. Universitas Islam Makassar (UIM) 

Universitas Islam Makassar (UIM) adalah salah satu perguruan tinggi Islam swasta yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Al-Gazali Makassar. Berdasarkan SK Mendiknas no. 71/O/D/2000 yang terbit 6 Juni 2000, kampus UIM ini berdiri. 

Kampus ini merupakan penggabungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI). 

UIM melanjutkan cita-cita, visi, dan misi Akademi Dakwah Nahdlatul Ulama (1966), Universitas Nahdlatul Ulama (UNNU, 1968), dan Universitas Al-Gazali (UNIZAL, 1972). 

Pada awal berdirinya, Universitas Islam Makassar memiliki enam fakultas, yaitu Fakultas Agama Islam, Fakultas Bahasa, Fakultas MIPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Sospol, dan Fakultas Teknik. 

 Seiring waktu, universitas ini berkembang dengan menambahkan dua fakultas lagi, yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta program Pascasarjana. 

5. Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITBH) 

Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITBH) adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan pada tahun 2014, awalnya bernama Institut Teknologi B.J. Habibie (ITH). Meskipun kampus ini telah didirikan sejak 2014, izin operasional resminya baru terbit pada tahun 2021. 

Saat ini, ITBH menyediakan program sarjana dengan tiga program studi, yaitu Matematika, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika. 

6. Universitas Muhammadiyah (Unismuh) 

Pada awalnya, kampus ini berstatus sebagai cabang Unismuh Jakarta yang berdiri pada 19 Juni 1963. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), kampus ini memiliki tugas besar untuk agama, bangsa, dan negara, baik saat ini maupun di masa depan. 

 Nama Muhammadiyah yang terintegrasi dengan Makassar mencerminkan harapan akan perpaduan antara budaya, keilmuan, dan nilai-nilai keagamaan. 

7. Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) 

Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) didirikan sebagai hasil revitalisasi Pusat Grafika Indonesia (Pusgrafin) pada tahun 2008. Kampus utamanya terletak di Jakarta Selatan. 

 Untuk memenuhi kebutuhan industri kreatif di kawasan barat dan timur Indonesia, sejak 2011 Polimedia telah membuka Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Medan dan Makassar.

 Polimedia Makassar menawarkan empat program studi, yaitu D3 Periklanan, D3 Penerbitan, D3 Teknik Grafika, dan D3 Desain Grafis. 

8. Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa 

Kampus ini bernaung di bawah kementerian pertanian RI yang menyelenggarakan pendidikan vokasi untuk memajukan pertanian Indonesia. Kampus ini adalah kampus kejuruan yang mengedepakankan praktek di lapangan di bandingkan dengan teori. 

Saat ini, Polbangtan Gowa menawarkan empat program studi, yaitu D3 Budidaya Tanaman Hortikultura, D3 Budidaya Ternak, D4 Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, dan D4 Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan.